Matahari Indonesia

Hm. Akhirnya gw memutuskan untuk membahas nama gw. Kenapa? Karena terlalu banyak kontroversi, terlalu banyak persepsi, dan terlalu banyak yang..hm, what is it? Salah kaprah?

Pokoknya gini lah ya.

Nama asli gw sesuai yang tertera di akte dan ijazah :

Matahari Indonesia

Nama panggilan resmi (pemberian ortu) :

Zsa Zsa

Nama panggilan suka-suka dari orang :

Jaja, Jaja-Kambing, Jaka, Mbek, Sasa, Sasha, Shasa, Szasza, Matahari, Mamat, Mata, Sunny (ada lho), danseterusnyasayaogahnyebutin.

Nickname bikinan sendiri :

Zsami (Zsa dari Zsa Zsa, MI dari inisial nama gw)

Inisial paling terkenal (maunya) :

MI

Kenapa Matahari Indonesia? Hm, jawaban singkatnya sih, itu adalah sebuah doa. Berilah nama yang baik pada anak-anakmu karena nama merupakan sebuah doa. Iya, doa agar gw bisa menjadi sosok yang menerangi Indonesia seperti matahari dengan segala kemampuan yang ada..bila kembali dari langit..smoga hidup ’kan jadi lebih baik.. (lhoh kenapa jadi OST-nya Dragon Ball!??)….well, someday.

Kenapa Matahari Indonesia? Sebenernya gatau juga nyokap gw dapet wangsit darimana.. Yang pasti kelahiran gw itu kayak ’ngegantiin’ almarhum nenek gw yang meninggal setahun sebelom gw lahir. Makanya inisial nama gw juga disamain kayak almarhum nenek gw, Maria Istingatin. Hmm.

Tapi kenapa panggilan gw Zsa Zsa?? Itu juga masih pertanyaan besar bagi gw. Zsa Zsa itu dari bahasa Ibrani, artinya bunga lili (gw baca di buku pintar haha). Mungkin nyokap gw cuma mo nyariin panggilan yang nyebutnya gampang, tapi juga mesti unik. Iya nyebutnya gampang, tapi semua orang ga ada yang nulis nama panggilan gw dengan bener, kecuali orang-orang yang emang kenal sama gw.

Kenapa Zsa Zsa? Kenapa ga Mata? Hari? Indo? Nesia? Jangan tanya gw yah. Gw sih terima-terima aja nama panggilan gw begitu, hahaha. Pokoknya ga mungkin Mata karena nanti gw dikira nama band, Hari ntar gw dikira penyihir, Indo ntar dikira gw bule ato nama PT, sedangkan kalo Nesia ntar sama kayak nama sohib gw. Yaudalahyaa Zsa Zsa aja. Apalin ya. Depannya pake Z. Antar suku kata ada spasi. Peace. 😀

Ohya..cara baca nama gw itu sebenernya ’shya-shya’, cuma gw geli bgt klo dipanggil kek gitu, jadi nyebutnya ’sasa’ aja yah.

Yang pasti, gw punya banyak banget pengalaman dengan memiliki nama ajaib kayak gini.

Pas bayi, suatu hari gw dibawa ama nyokap ke dokter. Pas dateng, gw kedapetan nomer urut 40-an. Eh mendadak nama gw dipanggil di urutan ke-8. Mungkin dokternya penasaran ama yang namanya Matahari Indonesia.

Pas SD, gw jadi diapalin ama guru-guru. Gw diejekin+diledekin mulu sama anak satu sekolah. Nama gw dianggap aneh.

Pas SMP, nama gw dikira nama perusahaan sama temen gw. Tapi efeknya, satu sekolah kenal gw.

Pas SMA, tepatnya pas hari pertama masuk dan pembagian kelas di lapangan, saat nama gw disebut, terdengar desisan ’weiss’ dari barisan anak OSIS. Gw jadi diapalin ama satpam (ini sih karena sering telat). Pernah suatu hari gw dipanggil ke ruang guru sama salah seorang guru (tepatnya bernama Lubis)…karena penasaran ama yang namanya Matahari Indonesia.

Pas kuliah, banyak yang ga percaya nama gw Matahari Indonesia. Banyak yang bilang nama gw keren (sampe ada yang bilang : ’gue pengen punya nama kayak lo’, ’nanti kalo gue punya anak bakal gue namain Langit Senja’, dll), banyak banget yg nanya : ‘lo punya adek ga? namanya siapa?’, tapi ada jg yg bilang nama gw aneh (cuma satu orang). Katanya sih nama gw catchy. Waktu itu gw dipanggil sama salah seorang dosen lewat mike. Gw pikir gw bikin kesalahan, lupa ngumpulin something, or apa, tapi ternyata…beliau cuma penasaran ama yang namanya Matahari Indonesia.

….

….

Apakah nama gw sedemikian bikin penasaran????

Menurut gw sih, yang bilang ’apalah arti sebuah nama’ itu dangkal en pendek banget cara berpikirnya (termasuk Shakespeare). Nama itu tuh ngaruh! Ngaruh banget!! (bahkan gw sempet pernah mikir kalo gw keterima di ITB tuh gara-gara yang ngenilai kepincut sama nama gw)

Ohya, gw juga mo nyeritain asal-usul beberapa nickname gw.

Jaja

Ini sih kerjaannya sobat gw, Kinta yg mendadak ngasih usul kalo gw dipanggil kek gini aja. Awalnya sih gw sempet sewot, kok nama gw jadi kampung banget, tapi lama-lama gw asik-asik aja hehehe.

Jaja-Kambing / Jaka

Awalnya gara-gara kelas gw pas 3 SMP, which is kelas 3-Libya penuh dengan hewan berkedok manusia, ada anjing, kucing, serigala berbulu domba, udang rebus, dll. Pokoknya udah kayak hutan bgt deh, apalagi karena kelas gw bersebelahan persis sama hutan bambu yg lebat bgt sampe daun-daunnya pada masuk ke kelas lewat jendela, akhirnya kelas gw jadi punya nama alias Libya’s Jungle. Karena gw lumayan expert dalam mengeluarkan suara kambing, jadilah gw kambing berkedok manusia! Zsa Zsa-Kambing! Jaja-Kambing! Ja-Ka! Jaka!

Eeh lucunya pas kelas 3 SMA, lagi-lagi gw masuk ke kelas yang kayak hutan bambu, yaitu Bamburuncing, yang isinya lagi-lagi hewan berkedok manusia dan lagi-lagi gw jadi kambing!!!

Hidup kambing!!!

Hidup bunga lili!!!

Hidup matahari!!!

(geje abis)

Advertisements

About zsami

Currently studying Multimedia Design in Bandung Institute of Technology and working as freelance comic artist and illustrator. Still trying to live life to the fullest and be grateful for everything.

12 responses to “Matahari Indonesia

  1. dhilaaz

    bukannya uda perna dipost inih?

    iya deeeeh namanya eksis..

    Nadhila Andanis Zafhira -> datar2 aja, sangat netral.
    tapi insyaAllah artinya sgt bermakna dan dapat terealisasi (amin)

  2. iya di blog yg dulu..tp postingan yg dulu isinya sama skali ga berbobot makanya gw bikin ulang hahaha. dan karena pengen klarifikasi ulang, abis banyak banget yg ga tau…. -_-;

    amiiin.

    eh nama lo bagus tau. gw aja smpet pengen punya nama kek nama lo, abis terdengar cantik hahaha.

  3. dhilaaz

    cantik? hahaha -_-;

    ya deeeeh yg namanya eksis..

    btw 1 lg gw lupa, nama tmn gw yg mirip nama cewe; pindonta meliala (sori ya pindo, jadi terekspos gini nama lo hehehe) dosen praktikum kimdas jg lagi2 salah nempatin klompok.. senior jg smpe salah ngabsen pas ospek, ahaha *pas ngabsen ngeliatnya ke tpt cewe, ya ga ketemu2 lah*
    senior gw ada jg yg namanya Skripsi, hahaha keren.

  4. Kinta

    Ja, ‘anjing’ di kelas Libya itu sopo?

    Nico bukan? hahahhahaha…

  5. iya si koko..
    dia kan ‘auk-auk berbehel lucu’ hahahah
    kamu apaan ya kin? hihiihi

  6. Cool.
    I like your name.
    And I like you style too.
    I’ll be your fans.

  7. LULU

    ini tadi sih cuman niat gogling cari nickname buat my newborn baby
    matahari juni beluizy
    kiikikiki ternyata seru juga kyknya baca blognya 😀
    sebagai yg udah pengalaman dgn nama matahari,ada ide ga buat nickname anakku 😀

    • Waahh selamat yaa atas kelahiran babynyaa ❤ cewek kan ya? aduh dari track record selama ini sih, banyak yg malah manggil saya Mamat ahahaha.. Kalo Marie gimana? Tapi Juni juga bagus lho hihi..
      Makasih banyak ya udah mampir & komen 🙂

  8. LULU

    😀 tengkiuuu : D tp baby sun ku cowok T_T pgnnya jgn kepanggil mamat wkwkwkwkwk stlh di utak atik ketemu nickname MAtaHAri=MAHA insprirasinya ya dari sampeyan ini :p disangkut2in kiikikiki
    kamsia sangat ya jeng ZsaMi 😀 tp kyknya tar ujung2nya dipanggil mamat juga ma tmn2nya 😀 btw moga si Maha ini seberuntung jeng Zsami *amin* 😀

  9. zsa zsa

    Wah kakak, nickname kakak dan namaku samaan looh. Aku juga dipanggil Jaja dan Sasa. 😀 cool and funny post though. 😀

  10. hai, nama kita sama ya. Aku juga zsazsa, Mama bilangnya nama aku di ambil dari nama penyiar berita di stasium TV r*cti 🙂 hehe unik. Salam kenal buat km 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Just in case you want to know more.

September 2008
M T W T F S S
    Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Most read by the travellers.

Those who left their footsteps here.

hoshi_aoi on tired.
Helmi on “Kita tunggu komik buata…
miftasasayu on Matahari Indonesia
zsa zsa on Matahari Indonesia
duber on tranquilize

Wanna catch some fresh air? Try to read this comic compilation! Aseli Indonesia.

Follow zsami on Twitter
%d bloggers like this: