abis terserang gelombang elektromagnetik & radiasi ultraviolet

Huaa tu kan kebiasaan buruk gw keluar lagi, suka males ngupdate blog (padahal banyak yg mo ditulis, jadi kesannya percuma aja gitu gw punya blog).

 

Kemaren, Jumat 17 Oktober 2008, gw abis UTS untuk yang pertama kalinya semenjak gw memasuki sebuah institusi bernama ITB. Mata kuliah yang di-UTS-in kali ini adalah Konsep Pengembangan Ilmu Pengetahuan (KPIP), science-science gitu lah. Menurut gw agak aneh juga gw yang notabene anak seni rupa disuru mempelajari mata kuliah yang banyak rumus-rumus beserta teori-teori dan hukum ilmiah betebaran. Padahal anak SR kan berasal dari jurusan macem-macem, ada yang IPS, bahasa, dari sekolah menengah seni rupa juga ada. Lah ini mesti ketemu ama Newton en Galileo segala.

 

Pas ujian, jelas aja, yang namanya tanya-menanya dan bisik-berbisik jadi aktivitas umum. Yang paling geli sih pas suasana lagi hening, anak-anak pada mengerutkan kening (karena bingung mo ngisi apaan), tau-tau terdengar suara anak kecil kayak yang suka ada di sontrek acara tv balita, gataunya itu ringtonenya si bapak pengawas. Begitu dia keluar, langsung aja smua pada tengok kanan-kiri nyari ilham huahaha.

 

Tapi menurut gw soal-soal yang dikeluarin tu agak bego. Selain puluhan soal yang akhirnya gw jawab dengan prinsip “ah-kayaknya-yang-paling-bener-sih-yang-ini”, ada beberapa soal yang wtf bgt. Misalnya :

 

Di bawah ini manakah yang memiliki entropi tertinggi?

a) suatu kristal

b) es balok

c) raga yang makin lama makin tua (sekalian aja : rambut yang makin lama makin memutih, gigi yang makin lama makin keropos, kulit yang makin lama makin keriput)

d) air mendidih

e) semut yang berbaris (how about ‘monyet yang bergelantungan’ or ‘kambing yang merumput’??)

 

Hans Christian Oersted menemukan hubungan antara gaya magnetik dan elektrisitas dengan cara :

a) melakukan penelitian selama bertahun-tahun (edison nemuin lampu juga bertaun-taun kalee)

b) membaca tulisan Galvani (tulisan yg mana nyong!? puisi? sms? catetan belanja?)

c) memperhatikan yang terjadi ketika memberikan pelajaran fisika (emang apaan yang terjadi?? ada bom? perang dunia? ada yg kentut? apaan??)

d) menginterpretasikan mimpinya (waddeheck?? Lo pikir dia cenayang??)

e) mengulang percobaan yang dilakukan oleh Volta (au ah..gw sih jawab yg ini)

ga sekalian aja…ngagetin kodok pake listrik, Galvani kan percobaannya pake kodok tuh..

 

Medan listrik dan arus listrik dapat dihasilkan oleh :

a) perubahan gaya magnet

b) radiasi

c) monopol magnet

d) BELUT LISTRIK dan HIU

e) muatan listrik statik

 

okayyy, sharks can produce flow of electricity..yea, rite..

Au ah, gw ga mo ngira-ngira gw dapet nile berapa, toh semua soalnya udah gw jawab dengan ngira-ngira, hahahaha..

 

Pas nyampe kosan, gw ketemu ama temen sejawat gw, Pita, anak FTSL. Ternyata soalnya dia sama persis dengan soalnya anak FSRD. Berarti soalnya anak SR juga sama dong kayak soalnya anak STEI, FTI, SAPPK, SITH, & fakultas-fakultas teknik yang laen??

 

Gw : Pit, lo tadi uts juga kan?

Pita : hm?

Gw : uts itu loh, mata kuliah itu..ngg ngg..

Pita : ..?

Gw : itu loh..ngg…P..D..I..P?

Pita : KPIP?

Gw : iya, KPIP!

 

Sh*t, susah amat sih judul mata kuliahnya, ampe nyasar ke PDI-P segala, huahaha.

About zsami

Currently studying Multimedia Design in Bandung Institute of Technology and working as freelance comic artist and illustrator. Still trying to live life to the fullest and be grateful for everything.

Leave a Reply

Just in case you want to know more.

October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Most read by the travellers.

Those who left their footsteps here.

miftasasayu on Matahari Indonesia
zsa zsa on Matahari Indonesia
LULU on Matahari Indonesia
zsami on Matahari Indonesia
LULU on Matahari Indonesia

Wanna catch some fresh air? Try to read this comic compilation! Aseli Indonesia.

Follow zsami on Twitter
