Angkot

Selama gw tinggal di Kota Bandung selama kurang lebih 4 bulan ini, gw selalu mengandalkan kendaraan umum untuk bepergian ke mana-mana, mostly ojek dan angkot. Tapi kali ini gw pengen ngomongin soal yang terakhir. Gara-garanya ada beberapa memorable items yang berhubungan dengan vehicle yang satu ini. Sayang, gw ga punya kamera jadi gw gabisa masukin foto-foto angkotnya (bagi yang penasaran ato yang kangen sama angkot-angkot di Bandung), well, maybe next time.

 

Angkot Ijo Kalapa-Dago

 

Ini kejadian yang dialami Dianda, temen gw anggota Forum Makan Bengkok dan sesama klub penghujat JoBro (Jonas Brother) yang mengidap shota complex. Jadi beberapa minggu yang lalu dia naik angkot jurusan Kalapa Dago (kalo mo ke BIP silakan naik angkot ini). Trus tau-tau ada pengamen nyamperin. Biasalah, hampir di semua ruas jalan di Bandung dipenuhi oleh para pengamen yang entah emang niat pengen nyari duit or cuma petantang-petenteng di pinggir jalan pake outfit ala rocker tapi yang dinyanyiin malah lagunya D’Masiv. Mungkin karena persaingan antar pengamen sangat berat, jadinya mereka berusaha untuk tampil sekreatif dan seorisinil mungkin. Nah, yang kali ini mereka mencoba untuk nge-rap. Iya, NGE-RAP. Like this.

 

”BCL Bukan Cinta Laura!

BCL Bukan Cinta Laura!

BCL Bunga Citra Lestari!

Wajahmu cantik!

Pipimu lembut!

Aku ingin menikah denganmu

Aku ingin memberimu 1000 anak!”

Oh great.

 

Terus ada seorang mba-mba yang nyodorin duit ke pengamen eksentrik tersebut. Alih-alih mengucapkan terima kasih, si pengamen malah mendesis : ”BCL”. (wtf!?)

 

Gw uda pernah ketemu sama pengamen anak-anak SD yang mainin Victory-nya Bond pake biola dan gitar, bapak-bapak yang main seruling pake idung, anak kecil yang make topeng ondel-ondel sambil joget absurd, anak-anak kuliahan yang menggubah kata-kata ”YANG NYUPIR GANTENG!” menjadi sebuah lagu, anak kecil gendutbanget yang ngeluh kelaperan belom makan, mas-mas yang nyanyinya melas sampe yang cuma berdengung-dengung ga jelas dan bikin gw pengen nyambit pengamennya, tapi belom pernah ketemu sama yang macem gini.

 

Lain kali gw ngamen sambil nyanyi lagu ’Oh Baby’-nya Cinlau en joget ala Girly Man aja kali ye?

 

 

Angkot Ungu Cisitu-Tegallega

Yang kali ini cerita horror. Kejadiannya hari Sabtu, 15 November 2008. Waktu itu gw pergi ke Cihampelas naik ojek, tadinya mau ke X Trans, mo balik ke Cibubur naik travel. Tapi ternyata gw kehabisan tiket. Akhirnya gw memutuskan untuk bergegas pulang. Tapi seumur-umur gw ga pernah maen ke Cihampelas, sendirian pula. Gw ga tau jalan pulang. Akhirnya gw nanya sama seorang ibu-ibu tukang jualan jamu gendong.

 

”Bu, kalo mo ke Cisitu naik angkotnya apa yah?”

”Oh naik yang biru itu, neng,”

”Biru?”

“Iya, yang itu.” Si Mbok Jamu menunjuk sebuah angkot di seberang jalan.

(Berkata dalam hati) Yeeh, itu mah angkot Cisitu yang biasa gw naikin tiap ari! Dan itu UNGU, bukan BIRU!

Gw sempet ragu, tapi karena udah kadung bingung, pengen pulang, mau ujan, jadinya gw langsung naik aja.

 

Firasat buruk gw terbukti. Angkot itu bukan sedang mengarah ke Cisitu, tapi ke Tegallega. GW KESASAR DI DUNIA YANG GA GW KENAL. GW KEBAWA KE UJUNG KOTA BANDUNG YANG GW GA NGERTI ITU MASIH DI BANDUNG APA BUKAN.

 

Tapi bukan itu yang paling bikin gw merinding. Jadi setelah terkatung-katung di jalan selama beberapa puluh menit, gw sampe di daerah yang gw gatau namanya, agak kumuh dan rame gitu. Saat itu naiklah beberapa orang cewe dan seorang cowo. Cowo tadi duduk di depan gw, di pojokan paling belakang. Trus salah seorang dari rombongan cewe tadi duduk di sebelah cowo itu, orangnya cantik, putih, rambutnya panjang, mirip-mirip orang Filipin. Asumsi gw, mereka tidak saling kenal-mengenal. Yang cewe-cewe pada asik ngobrol ngalor-ngidul gitu.

 

...

 

Tiba-tiba. Gw melihat. Pemandangan nista itu.

 

Cowo tadi, umurnya kira-kira awal 30-an, tampangnya agak chinese, penampilannya ala orang kantoran, pake kemeja krem kotak-kotak, celana panjang hitam, dan membawa koran kompas yang dilipat dan diletakkan di atas pangkuannya.

 

Tapi ternyata. Koran yang dilipat itu. Cuma kedok, saudara-saudara. Cuma kedok untuk menutupi aksi sadisnya.

 

Berhubung dia duduk di depan gw, (SIALNYA) gw jadi bisa melihat kejadian ini dengan jelas. Pertamanya sih ga sengaja. Gw melihat sesuatu yang ada di bawah koran. Berwarna coklat. Dipegang-pegang dan dipenyet-penyet sama yang punya. Awalnya gw ga ngeh itu apa. Tapi akhirnya gw sadar.

 

Itu penis.

 

OHMAIGAT. INI DI ANGKOT, BANYAK ORANG, JALANAN RAME, DAN DIA MASTURBASI AJA GITU DI SINI!? DI DEPAN GW PULA!??! ANJROT. ANJROT.

 

Gw pengen nangis. Gw pengen pulang. Gw pengen kabur.

 

Sumpah, gw lebih merinding liat ini ketimbang nonton 4BIA, Alone, Ju-On, or film-film horror asia lainnya. I was shocked. Totally shocked.

 

Tampangnya si pria mesum itu lempeng-lempeng aja, ga ada ekspresi, seolah ga ada apa-apa, seolah lagi ga ngapa-ngapain. Sinting.

 

SIAPA SAJA, TOLONG KELUARKAN GW DARI ANGKOT INI!!!!!

Tiba-tiba angkotnya berhenti, ada yang turun. Sebelah gw kosong. Cewe cantik tadi pindah duduknya ke sebelah gw (entah biar bisa lebih leluasa ngobrol sama temennya or dia juga ngerasa-ngerasa ga enak karena duduk di sebelah lelaki sinting tadi). Karena kursi di sebelahnya kosong, cowo tadi menghentikan aksinya (mungkin takut ketauan). Pokoknya tau-tau dia uda nutup ritsletingnya aja gitu. Tapi masi dia pegang-pegang. HIIIIIIIIIIIIIIIHHHHHHHHHHHHHH.

 

horor-angkot-2-s

 

Gw sangat berharap gw duduk di sebelah pak supir aja, atau malah lebih baik di angkot lain saja.

 

Beberapa menit kemudian, cewe-cewe tadi turun dari angkot. Sekarang yang ada tinggal pak supir berkacamata, mas-mas yang duduk di sebelah pak supir, mas-mas yang duduk di belakang pak supir, si laki-laki mesum, dan gw. INI HOROR.

 

Secepat kilat, gw langsung menggeser duduk gw sejauh mungkin dari pria mesum tersebut, sambil zikir dalam hati dan merapatkan topi gw.

 

horor-angkot-3-s

 

Alhamdulillah, setelah melewati beberapa menit penuh penderitaan dan mara bahaya, lelaki yang tidak jelas identitasnya tersebut pergi meninggalkan angkot. HOH.

Akhirnya, gw selamat sampe di kosan setelah pergi melanglang buana ga tau ke mana, setelah menghabiskan entah berapa jam di dalam angkot superlaknat dan ketemu sama orang berkemeja rapi tapi berkepribadian seperti kucing garong binal.

 

Pas gw ceritain ini ke anak-anak di rumahnya Dinda (temen gw anggota Forum Makan Bengkok dan sesama penghujat JoBro juga), Kak Shita, kakaknya Dinda berkomentar.

 

”Waktu itu temen gw juga pernah dapet kejadian kayak gitu. Tapi karena anaknya tomboy dan cuek banget, dia langsung ngomong kayak gini ke orang itu : ‘Punya lo kecil yah,’ dan orang itu langsung kabur dari angkot, malu.”

 

Apa iya kalo gw ngomong kayak gitu orangnya bakal langsung minggat? HUHUHU. Hati-hati kalo naik angkot ya, teman. Mendingan naik ojek (lhoh?).

 

About zsami

Currently studying Multimedia Design in Bandung Institute of Technology and working as freelance comic artist and illustrator. Still trying to live life to the fullest and be grateful for everything.

7 responses to “Angkot

  1. sarah

    Kak ZsaZsa, mau konsultasi dooong. Kak, dl kk bimbel di quin, trus ikt yg intensif itb yaa? Ngaruh ga sih kak? Mau no. Hp kk doong. Kak, aku bingung ni, kan alhamdulillah aku ud dpt cadangan di IT BINUS. Tp aku msi ngareeep bgt di SBM ITB. Kira2 aku ikt intensif quin gaa yaa?

    Wow.sumpah ga bgt tu org. Hahaha. Iyaa, kl d bdg mah enakan naek motor soalnya jalanannya kecil + macet. Brarti kk ud apal sm jalanan2 yg ada d bdg yaa. Kapan2 ktmuan yuuuk disana. Hehehe. Tp mgkn susaah kali yaa.

  2. hyahaahhaha

    akhirnya diceritain di blog juga cerita yang ini.
    makannya, bawa mobil pribadi aja
    gw bisa aja sih bawa mobil ke kampus tiap hari… tapi gw bakal cuma makan sekali sehari :p

    @sarah
    lupakan impianmu masuk es-bhe-’em, nak. mending masup esh-‘er aja kayak kita. kenapa? karena SBM adalah singkatan dari Sekolah Biaya Mahal, Semua Bawa Mobil, dan/atau Suka Berbuat maksiat. *dibacok anak SBM*

  3. sarah

    @ patung pancoran.
    Iya ni SBM MAHAL BANGEEEEET! Aduh tp pengen bgt msk situ. Oh yaa mana skrg bru form ajaa, udah 850rb. Eh busseeeet itb maruuuk bet daah. Emg iyaa, anak sbm sk ber’maksiat’?

  4. @ sarah :
    iya sar, dulu aku quin n smpet ikut yg intensif itb. itu jg ngikutnya cm bbrp pertemuan, tp dikasi soal2ny lmyn bnyk. sbnrnya ga gt ngepek jg, krn soal2 USMnya jauuuh lbh susah (baca : lbh ga kepikiran), tp plg ga jd ga trlalu kagok. slain itu aku jg bljr dr CD Zenius haha. yaampun sar aku ikut USM tuh dadakan bgt, persiapannya cm bermain & berdoa, lol.
    emg km bimbelnya apa sar? yg intensif quin bayarnya brp si? (aku kan wktu itu uda ga bayar lagi d gtau ;p)
    aku sih ngedukung2 aja kmu msuk sbm, asalkan modalnya cukup hehehe. cadangannya slain sbm fakultas apa sar?

    hahaha..aku cm apal seputar itb-cisitu-dago-bip & skitarnya aja sar..jalan ke pvj aja aku uda lupa hahaha. yoo, kpn2 ktemuan yuk 😀

    @ harun :
    mobil pribadi dari hongkong.. di rmh gw aja kaga ada mobil, rusak smua huhuhuh. ngapain ke kampus naik mobil..telat iya, dicolong iya.
    jadi pengen naek sepeda lagi nih..tp ga kuat nanjak pas pulangnya… x_x

  5. ettachan

    wah, itu kayak yg ada di buku benny&mice “100 tokoh yg mewarnai JKT”.
    gw lebih parah lg.
    gw pernah ngliat cowok di angkot 04 arah beji depok *gapenting* ngegrepe2 anak smp (kayaknya msih kelas 1, beda 2 taun ama gw) dan aanak smpnya itu diem aja dgn muka ketakutan!!

  6. gw juga pernah denger pengamen yang di angkot kelapa dago!
    gw, sandra tara kagum dengernya…
    kewl abis..

  7. @ettachan :
    haha..iya..yg ekshibisionis ya??
    waduu kasian bgt itu anak smpnya! ga ditegor tu cowonya?

    @budii:
    iya, ternyata mayan ngetop tu pengamennya..
    si shinta malah suka ngobrol sama dia haha
    wew, tnyata lo ngeblog jg bud?

Leave a Reply

Just in case you want to know more.

November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Most read by the travellers.

Those who left their footsteps here.

hoshi_aoi on tired.
Helmi on “Kita tunggu komik buata…
miftasasayu on Matahari Indonesia
zsa zsa on Matahari Indonesia
duber on tranquilize

Wanna catch some fresh air? Try to read this comic compilation! Aseli Indonesia.

Follow zsami on Twitter
