“Kita tunggu komik buatanmu!”

“WAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAUWWWWWWWWWW!!!”

Itulah yang keluar dari mulut gw saat gw ngebuka sebuah bungkusan yang dijatohin di deket pager kosan gw, Sabtu, 13 November 2008. Benda itu dibungkus plastik bening dan amplop coklat. Amplopnya dilem kuat-kuat sampe gw mesti ngebukanya dengan cara dirobek. Yang pertama gw liat adalah tiga buah majalah komik kompilasi SPARX. Di halaman dalam setelah cover, ada tanda tangan dari lead artist-nya, Apio! alias Ario Anindito. Tapi bukan itu yang bikin gw teriak histeris sampe tante tetangga kosan sebelah kamar gw nongol nyamperin gw. Gw shock bukan main waktu ngebuka komik ketiga yang masih diplastikin, karena di dalemnya ada selembar kertas.

Gw pikir itu salah satu halaman komik, tapi ternyata bukan.

semangat

Simpel, cuma dibikin dari pensil dan semacam spidol. Tapi kata-katanya bener-bener menginspirasi gw dan bikin gw makin bersemangat untuk mewujudkan cita-cita gw, yakni menjadi komikus. Sumpah, gw jauh lebih excited dapet gambar ini ketimbang digambarin dan dikasih tanda tangan sama Li Julian tiga tahun yang lalu.

dari-julian

Ingatan gw kembali ke masa 12 tahun silam, yakni saat gw baru lulus TK. Di buku kenangan TK, di halaman profil gw, di kolom cita-cita tertulis kata ’dokter dan pelukis’. Gw ga tau siapa yang nulisin profil gw, entah nyokap gw entah siapa, yang pasti abis itu gw langsung ngamuk-ngamuk.

”Aku kan ga mau jadi dokter!”

Halaman itu langsung gw tulis-tulisin pake spidol hitam. Kata ’dokter’ gw coret, di belakang kata ’pelukis’ gw tambahin ’pengarang komik’ (plus beberapa profesi sampingan lainnya, such as penyanyi, penari (wtf?), etc).

Ya, gw udah memutuskan untuk menjadi pengarang komik di usia dini.

Inspirator terbesar gw adalah Fujiko F. Fujio, tokoh yang menciptakan robot kucing gendut berwarna biru itu, dan tentu saja, bokap gw.

Bokap gw-lah yang pertama kali memperkenalkan gw dengan komik, yang selalu excited setiap kali gw nyoret-nyoretin kertas pake pensil semenjak gw belom bisa membaca, yang ngumpulin coret-coretan gajelas gw sejak balita ke dalam folder tersendiri, yang ngajakin gw ngelukis pake cat minyak sampe koleksi lukisan ga mutu gw numpuk di rumah, yang ngebeliin gw Doraemon, Kobo-Chan, Kariage-Kun, Tintin, Understanding Comics-nya Scott McCloud, 14 Jurus Membuat Komik-nya Toni Masdiono, dan seterusnya. Bokap gw ga pernah membimbing gw untuk mengikuti jejaknya menjadi arsitek, melainkan menjadi komikus (well, bokap gw juga pecinta komik :p).

Pas lulus SD, gw menuliskan kata ’desainer grafis’ dan ’komikus’ di kolom cita-cita gw. Mungkin kalo pas TK gw uda ngerti desainer grafis itu apa, pasti gw akan menuliskan kata-kata itu juga.

Cita-cita utama gw berubah saat gw duduk di bangku SMP. Setelah bokap gw meninggal, entah gimana ceritanya gw nemuin sebuah buku tulis usang yang covernya bergambar Lady Di. Buku tulis itu adalah buku catatan bokap gw semasa kuliah di Teknik Arsitektur UGM sekian puluh tahun silam. Gw takjub. Di dalamnya berisi berbagai macem coret-coretan, catatan kuliah, dan yang paling bikin gw terpesona : gambar-gambarnya.

Gw ga peduli itu cuma doodle atau apa, yang pasti semuanya KEREN BANGET. Gambar-gambar gedung, rumah, landscape, termasuk sketsa cewek yang dibikin pake pulpen di cover belakang. That’s all AWESOME. Padahal sederhana, cuma garis-garis pake pulpen or pensil, trus kadang-kadang diwarnain ato dikasih shading. Tapi bagi gw itu terlihat sangat perfect. Ada gedung-gedung yang jaman sekarang aja bisa dibilang futuristik, tapi bokap gw udah menggambarnya di jaman itu, taun 70-an dan 80-an.

Gw langsung memutuskan, gw ingin menjadi arsitek profesional.

Gw bener-bener terobsesi pengen jadi arsitek. Ambisi itu terus tertanam hingga gw SMA. Gw yang dodol di Matematika, yang nilai ujian pertamanya di SMA cuma dapet 20, mati-matian berusaha supaya bisa keterima di jurusan IPA. Dan keterimalah gw di IPA.

Tapi ternyata, gw ga bisa membendung hasrat gw untuk terjun ke bidang industri kreatif. Gw masuk ke ekskur Forum Informasi dan Komunikasi, bikin mading, bikin majalah, jadi illustrator, jadi layoutter, jadi graphic designer, jadi jurnalis, jadi reporter, jadi editor, malahan jadi ketuanya. Juga jadi komikus, pastinya. Gw jadi bisa ketemu sama orang-orang yang udah duluan terjun ke bidang ini, such as Wahyu Aditya (Hellomotion), Li Julian + Animonster Crew, Raditya Dika, Kru Majalah Hai, de el el. Juga semenjak sahabat gw, Dhila, ngenalin gw sama deviantart. Entah ada berapa ribu artist dan gambar yang ngasih inspirasi, wawasan, dan ilmu mengenai visual art ke gw.

Gw sungguh berhasrat untuk memasuki sebuah fakultas yang bernama Fakultas Seni Rupa dan Desain di sebuah institusi ternama di kota kembang, Institut Teknologi Bandung. Ga mau yang lain, pokoknya cuma mau yang ini. Tapi gw ga bisa. Dilarang sama nyokap gw. Gw dilarang untuk tinggal jauh dari rumah. Pertama karena alesan biaya yang udah pasti membengkak, kedua karena nyokap gw butuh asisten untuk ngurusin kerjaan macem-macem, ketiga karena ade gw masih kecil dan butuh pendamping untuk belajar, dan seterusnya, dan seterusnya. Gw urung. Gw pundung.

Yaudalah, pokoknya jadi arsitek! Hidup arsitek! (mottonya Yusi)

Pas di sekolah ada acara Buka Mata, yaitu acara promosi jurusan dari kakak-kakak alumni SMA 28 yang udah duluan keterima di universitas-universitas ternama, gw antusias setengah mati, mondar-mandir keliling-keliling tanya sana tanya sini di stand-nya Arsitektur UI.

Tapi. Lambat laun tujuan dan niat gw berubah. Yes, I do want to learn about architecture. But I don’t want to be an architect. I just need the knowledge. Andaikan gw tetep kekeuh belajar arsitektur pun gw ga akan berprofesi sebagai arsitek. Gw. Pengen. Jadi. Komikus.

There’s a lot of idea, a lot of stories, a lot of characters that spread around my mind. Hanya saja gw belom punya waktu dan belom dapet kesempatan to make it all become true.

Hingga akhirnya nyokap gw nyuruh gw untuk memasuki jurusan yang gw mau dan (insya Allah) mampu aja. Soalnya udah ada pengalaman, temennya nyokap gw punya anak yang kuliah di arsitektur, tapi nyatanya malah kerja di bidang DKV (karena emang minatnya di situ), nah temen nyokap gw tersebut menyarankan daripada muter-muter, mendingan langsung masuk aja ke jurusan yang emang diminati. Okelah. Dalam hal ini, gw mendaftar ke Desain Komunikasi Visual-nya Binus, satu-satunya universitas di Jakarta yang ada jurusan DKV-nya dan diridhoi oleh nyokap gw. Gw lulus tes masuk, dapet peringkat pertama. Tapi di saat yang bersamaan, tiba-tiba bude gw nanya ke gw, ”Zsa, emang kamu ga pengen kuliah di ITB yah?”

DEG.

Kalo nanyanya begitu, ya..pengen lah. Pengen banget.

Alhamdulillah, Bude gw punya rezeki. Dibeliinlah gw formulir USM. Kebetulan waktu itu emang lagi mau USM Terpusat di Bandung (yang daerah mah udah kelewatan). Gw dibeliin formulir yang PMBP (Penelusuran Minat, Bakat, dan Potensi –untuk bidang studi sains dan teknik) & FSRD. Gw milih FSRD sebagai pilihan pertama dan SAPPK (arsitektur & planologi) sebagai pilihan kedua.

Tapi. Waktunya udah kurang dari sebulan. Gw ga yakin bisa mampu ngejar pelajarannya (karena gw udah mantep ga ikut SPMB/UMB/so on jadi gw ga nyiapin belajar apa-apa) terutama yang pelajaran MIPA, lagian gw juga pengennya masuk FSRD, jadi ngapain juga repot-repot mengincar kebetulan diterima di arsitek. Apalagi gw akhirnya tau kalo biaya SDPA (sumbangan awal gitu lah) yang PMBP itu minimal 20 juta, sedangkan kalo FSRD doang SDPA-nya bisa minimal 5 juta. Akhirnya gw beli formulir lagi yang khusus FSRD. Gapapalah rugi 600 ribu, daripada rugi 15 juta? (menerapkan prinsip ekonomi nih, mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dengan pengeluaran sekecil-kecilnya, hehe) Btw gw ngelakuin ini diem-diem tanpa sepengetahuan nyokap gw. Setelah beliau tau, sempet ada konflik sedikit, tapi selanjutnya yaudah, mo digimanain lagi. Maju terus pantang mundur!

Pas USM, gw bingung mo belajar apa. Latian gambar juga mesti gambar apa gw gatau. Gw ga pernah ikut try out USM ITB, gw juga ga pernah ikutan les-les gambar kayak di Bintang Merah apa di Villa Merah. Gw cuma beli buku-buku psikotes dan tes bakat skolastik, plus ngerjain soal-soal dari CD USM ITB-nya Zenius. Tapi soal-soal USM-nya ternyata jauh beda (yaiyalah).

Pas psikotes, gw disuruh membuat tulisan (atau karangan?) sepanjang 1 halaman tentang mimpi/cita-cita gw. Yaudah, gw tulis aja, gw pengen keterima di FSRD ITB, trus masuk DKV, trus bikin komik, trus nerbitin komik gw, trus pengen komik gw bisa menghidupkan dunia perkomikan Indonesia, dan entah-gimana-caranya bisa menjadi Matahari Indonesia yang sesungguhnya.

Dan gw keterima.

Waktu itu gw lagi sholat di musholla rumah, dan berdoa entah untuk yang keberapa kalinya, memohon kepada-Nya seperti ini :

”Ya Allah, jika FSRD ITB adalah tempat yang terbaik bagiku, maka mudahkanlah aku untuk memasukinya, mudahkanlah aku untuk berjuang di dalamnya, mudahkanlah aku untuk mencapai cita-citaku, Ya Allah.”

Tau-tau nyokap gw teriak dari bawah, dapet SMS dari kakak sepupu gw yang anak Mikrobiologi ITB, ngasih tau kalo gw lulus USM.

Gw bengong. Bohong ah.

Trus gw nelpon ke sohib gw, Nesya, yang punya internet (koneksi internet gw waktu itu lagi kaco parah), minta tolong dicekin ke website-nya ITB (waktu itu yang ngangkat nyokapnya, sohib gw lagi ga ada di rumah, haha makasi ya Tante Dyah :D)

Ternyata bener, gw keterima.

Alhamdulillah. Berarti mungkin emang bener Allah menakdirkan gw untuk masuk ke sini.

Saat ini, gw masih ga tau gw bakal masuk DKV ato nggak. Tapi apapun jurusannya, gw yakin gw bakalan tetep bisa jadi komikus. Komikus-komikus handal yang gw kagumi aja mostly bukan berasal dari FSRD or DKV (justru malah kebanyakan dari arsitektur, such as Odacchi/Eiichiro Oda, Mas Ario, Kak Azisa Noor, Pak Alva/Alvanov Spalanzani, dll.). Tapi kalo ditanya masih ngincer DKV apa ngga, ya masih lah. 😀

Gw juga masih belom menghasilkan apa-apa, kemampuan gw juga masi belom seberapa, banyak yang mesti gw pelajari, tapi yah, doakan saja gw punya waktu dan tenaga untuk merealisasikan mimpi gw yang satu ini ya. And I need you all as my readers and my motivator, please. Just wait and see, sooner or later I’ll make it true someday. Amin.

“So what are you waiting for.. Make and publish your own comic! I’ll be waiting and someday, I’ll buy a comic with your name on the cover! ;-)”

Oke Mas Ario, tunggu aja yah! 😀

_____ _

Ngg..komik-komik yang pernah gw hasilkan juga masih komik-komik sampah kayak gini..

page-01-smaller

(dimuat di Majalah Kawula edisi #06 tahun 2006)

Or strips ga penting kayak gini..

uan-parody-smalla-polite-way-to-curse-someone-kopirite2-smallerrr

Sebenernya ada banyak banget sih komik-komik ga jelas yang gw bikin dari jaman dulu kala, entah dari TK atau SD. Tapi cuma sedikit yang tamat, kebanyakan cuma draft.

Ah yasudalahya. Doakan saya punya banyak waktu luang.. =_=

____ _

(Mengutip kata-katanya Kang Pidi Baiq pas talkshow Komikultur bareng Kang Pidi, Pak Alva, dan Kak Azisa, Jum’at, 12 Oktober 2008 kemarin :

”Sepenting apakah style itu? Haruskah mengkotak-kotakkan ini komik Jepang, ini komik Amerika, ini komik Indonesia.. Apa tiap negara harus bikin style komiknya masing-masing? Apa harus, ini komik Bangladesh, ini komik Timor Timur.. Trus nanti ada perang antar Komik Amerika dan Komik Irak!? Saya sendiri bukan orang asli Indonesia kok..saya dari dataran Yunan! Kamu ngaku kamu asli Indonesia? Yang asli Indonesia itu Pithecanthropus.. sama Wajakensis..!!”

Sumpah, gw ngakak abis-abisan pas dengerin tu talkshow. Bodor, tapi bener. Gw juga belom punya style yang orisinil saat ini, masih dalam tahap imitasi, toh namanya juga masi belajar. Anyway, thanks for the great show Kang Pidi! You rock!! XD )

About zsami

Currently studying Multimedia Design in Bandung Institute of Technology and working as freelance comic artist and illustrator. Still trying to live life to the fullest and be grateful for everything.

28 responses to ““Kita tunggu komik buatanmu!”

  1. dhilaaz

    (pas gw yg blg kyk gitu dulu, lo ga termotivasi sama skali ya.. T.T *iyalah, siapa jugaa gw?*)
    well.. good luck ya. semoga impianmu tercapai. 🙂

    klo bisa dakwah lewat komik.. kan keren tuh. a lighter approach, but may be able to make significant changes. hopefully 🙂

    btw gw abis liat art exhibitionnya anak ars, keren2 juga lho.
    tapi toh gw ga akan pernah liat karya lo di situ ya ^^;

    yah..terus semangat berkarya ya, (wlpn gw ga dianggep sbg penikmat&penggemar setia karya2 lo lg) semoga karya2 lo bisa bermanfaat utk orang lain.. in every ways.

  2. hey, you’re one of my biggest motivator loh.. serius. emg kata sapah gw ga termotivasi?
    amiin.

    well, i’ll try. itulah knp gw pengen ngomik, krn lewat komik kita bisa nyampein banyak hal ke org lain, we can speak to the world through comics. (tp komik2 yg gw bikin selama ini kaga ada pesan moralnya -_-;)

    yah..jgn bilang gitu dong. gw jg masi tertarik & pengen ke arsi lho. mungkin s2 (amin)..or the other way haha.

    emg gw ga nganggep ya..?
    well gw sangat amat bersyukur klo lo msh mau nge-appreciate karya gw..
    i hope so. i’ll do my best. 🙂

  3. dhilaaz

    abis kyknya stlh gw ngmg gitu ga ngaruh apa2.. datar2 aja.. ga ngepek apa2.. T.T

    maksudnya ‘the other way’?
    btw gw aplot di FB tuh foto2nya, hehe *ga penting ya* anak SR kerjaannya kyk gt tapi lbh ‘advanced’ gt ya?

    entahlah, feels like so. tuh kan, lo jg bilang “klo masih mau”. berarti kan..
    ..well yea, like I’d ever stop.
    yah, anyhow, dianggep ato ngga, whether you care or not, whether you know or not, I’ve always been (and possibly will always be) your #1 biggest fan. (biggest? or whatever it is)

  4. sarah

    Weits, berubaah ni headernya. Kereen loh kak. Layoutnya juga. OMG!!!!! Kak ZsaZsa, dahsyaat postingannya. Manteebh BGT, membangun bgt dan aku termotivasi bgt. Mau dooong kaya kakak. Sekali tes langsung dapet. Aaah mau mau mau. Amin. Sampah? Komik kakak keren tau. Kalo sampah, kok dimuat di majalah? Ayo kak berjuang untuk DKV !!!

    Kak, btw aku sms kakak ke no yg ada di fb, tapi ko failed yaa? Kira2 kakak masih ada cd zenius gaa? Aku pinjem doong? Hehehe. Boleeh ga? Kak, tes itb daerah itu lebih mahal dari yg pusat ya? USM ITB yg daerah tgl 21-22 mareet trus harga formnya naik jadi 850rb. Astagfirullah. Aduh, kelas 3 pengeluarannya banyak banget nih. Doain aku yaaa kak. Aduuh, setelah aku pikir2, sbm tuh emang MAHAL BGT dibanding sekolah bisnis manajemen lain. SBM tuh bagus ga sih kak? Ko aku jadi bimbang yaa? Katanya masih bagusan prasmul atau ppm? Trus katanya pergaulan anak2 sbm ‘parah’ ya?

  5. aarrghh…
    nambah lagi deh daftar envy-able person gw. huff…

    u’re just so damn far ahead, r ya…
    well, u r up there on the sky, Matahari
    n u shines for sure

    compared to you, i’m just a silly boy holding a torch in the dark, don’t know which way to go because the darkness is too wide, the lights of my torch can’t reach nowhere…

    lo akan masuk DKV, Zsa. I know u will.

    nah, sekarang gw mau jalan sambil bawa obor gw
    doain gw cepet nemuin jalan gw ya
    sebelum obor gw padam

    -sisisentimentalharun-

  6. guuh good!

    waaddduuuhhhh…..enak yaaa jd kka…bsa msuk fsrd itb…!jujur gw pngen bgd msuk situ!!..waktu USM tes gambar suasananya soalnya kaya gmn?…doakan gw jd junior kka d ITB!

  7. go ma mat!

    wawawawaw. mamat gw dukung deh klo lo mau jadi komikus.
    kadang-kadang yaa.. gw juga sering miir.. so far.. tuhan tuh udah ngasih jalan buat kita semua.. untuk jadi apapun yang kita mau..
    kesempatan itu datang terus-menerus.. tinggal kita yang nentuin akankah kita mau ambil kesempatan itu atau enggak..

  8. zsaaaaa, gw baru tau ceritanya gini hehe. ayo semangat buat jd komikus muda yang handal 😉 🙂

  9. yuni

    aaa.. kisahnya sangat menginspirasi. hebat. saya tunggu terbitan komiknya 🙂

  10. Kinta

    Zsa Zsaa..

    two sentences for you.

    I love your this post

    and

    KEEP MOVING FORWARD!

    : )

  11. Kinta

    Zsa Zsaa..

    two sentences for you.

    I love this post

    and

    KEEP MOVING FORWARD!

    : )

  12. Kinta

    maap.. ada typo comment yg pertama..

    tdnya mau nulis i love your post..trus ganti i love this post. tp lupa ngapus your-nya.ihikihik..

    Zsaa..maju terus pantang mundur. I’m one your biggest fans!

    ditunggu komiknya

    x)

  13. Kinta

    baru sadar ada typo lagi..

    harusnya

    i’m one of your biggest fans..!

    hahahaha..

    eniwei..kyknya april aku mau ke bdg lhoo..

    km di bdg ga?

  14. gupta mahendra

    Hi, kalau sudah ada karya yang siap dipublikasikan, silakan hubungi saya di mnc! comic yah.

    Cheers!

  15. Wedha ar

    Asyik baca postingan ini. Angan,mimpi,kendala dan perjalananmu
    mirip kayak aku dulu jaman masih muda.Kalo boleh aku yang tua ini
    kasih nasehat : Kalo udah berhasil masuk, kelarin! Jangan sampe DO.
    Jangan kayak aku,udah masuk ars FTUI, tapi gak kelar.
    Nyeselnya seumur-umur.

  16. Danang Pri

    Sparx terbit tiga kali trus brenti. Ayo jangan mau kalah, bikin yang lebih seru…

  17. ndensyahid

    salam kenal,

    apakah saya boleh quote gambarnya untuk ditampilkan di blog saya?

  18. uthe dessi

    testnya pa aja ya waktu itu???

  19. halo kak 🙂 kak, mau tanya… kakak punya KAWULA edisi berapa saja kak? kami dari ekskur FIK sedang dalam tahap pengumpulan majalah KAWULA dari edisi 1 sampai 11 untuk di jadikan 1 kesatuan (booklet?) sebagai referensi dan arsip ekskur, dan sekarang KAWULA 14 sebentar lg terbit lho kak 🙂 apakah kakak bersedia menolong kami? barangkali ada teman kakak yg punya majalah KAWULA yang bisa kami copy (nanti dikembaliin kok kak) … 🙂 (terutama edisi 1-8 kak) terima kasih banyak 🙂

    • wahduh kenapa kamu ngomennya di sini? kan blog ini jarang saya cek hahaha…saya punya yg edisi 6,7,8,9 & terutama yg edisi 7 stoknya lumayan banyak, yg 6 ada beberapa, jadi mau diambil jg gapapa hehe, cuma yg lainnya jangan ya soalnya cuma ada 1 :p Kalo mau ngontak bisa ke fb/twitter aja ya, thank you 🙂 Semangat ya FIK & KAWULA Team!

  20. Dee

    Ahhh, kamu beruntung sekali dapat gambar dari Li Julian… Aku juga pengennnn… hahahaha… bikin komik juga ya kk… hobby kita sama nih, sharing yukkkk 😀

  21. Dee

    Komen 2 kali.. seabis liat gambar / komik, baru mulai membacanya… kamu sangat menginspirasi… aku suka tulisanmu dan passion kamu… Aku dulu kuliah di binus DKV ( ga tahu kamu itu apakah adik kelas atau kakak kelas ku 😀 ) tapi akhirnya kamu berhasil ke ITB ya.. congratz yaaa.. tetap semangat yaaaaaa!!!

    • Halo salam kenal, makasih ya komennya hehe.. Saya dulu juga udah sempet keterima di DKV Binus sebelum akhirnya memutuskan ngambil ITB, saya angkatan 2008, kira2 tuaan siapa nih? Hehe.. Makasih banyak yaa..seneng bisa bagi2 cerita 🙂

      • Dee

        Nama Dee.. Sekarang jadi graohic designer di perusahaan wine.. saya juga suka menggambar seperti kamu.. ngefans ama manga dan comic.. Li Julian salah satunya…

  22. Helmi

    Ka saya mau tanya berapa kali dalam seminggu, kuliahnya?

Leave a Reply

Just in case you want to know more.

December 2008
M T W T F S S
« Nov   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Most read by the travellers.

Those who left their footsteps here.

hoshi_aoi on tired.
Helmi on “Kita tunggu komik buata…
miftasasayu on Matahari Indonesia
zsa zsa on Matahari Indonesia
duber on tranquilize

Wanna catch some fresh air? Try to read this comic compilation! Aseli Indonesia.

Follow zsami on Twitter
