tired.

Tuhan, aku kehilangan senyum ibuku. Di mana aku bisa menemukannya kembali?

Jika waktu bisa diulang, gw sungguh ingin mengulang semuanya.

Jika alternate universe itu benar-benar ada, gw sungguh pengen kembali ke masa 9 tahun yang lalu, untuk membuat masa depan yang berbeda dari sekarang.

Jika gw bisa benar-benar kembali ke masa 9 tahun yang lalu dengan membawa semua ingatan yang gw miliki saat ini, gw akan memperbaiki semuanya. Gw akan mengatakan semua yang dulu tidak sempat dikatakan dan melakukan semua yang dulu tidak sempat dilakukan. Dan gw tidak akan mengatakan semua yang seharusnya tidak gw katakan dan gw tidak akan melakukan semua yang seharusnya tidak gw lakukan.

Jika gw bisa kembali, paling tidak ke tanggal 22 Desember 2002 pagi hari, gw akan mencegah Bapak, entah bagaimanapun caranya, untuk pergi ke Senayan. Gw akan mencegah kematian Bapak, entah bagaimanapun caranya. Gw akan mengajak Bapak check up ke rumah sakit, entah bagaimanapun caranya. Andai saja Bapak tau, kepergian Bapak adalah sumber malapetaka buat gw, Ibu, dan Ega. Andai saja Bapak nggak meninggal, mungkin nasib keluarga kita bakalan berbeda. Mungkin Ibu ga akan menanggung beban yang luar biasa hingga mesti mengadu nyawa seperti sekarang. Mungkin Ega ga akan belajar buat UAN sendirian seperti sekarang. Mungkin gw ga perlu kuliah dari duit minta-minta orang lain seperti sekarang. Mungkin kita akan jadi keluarga normal yang bisa makan malam di meja makan bareng-bareng dan tidur dengan nyenyak di kamar masing-masing, gak seperti sekarang yang siapa tidur di kamarnya siapa. Mungkin suasana rumah ga seperti penjara seperti sekarang.

Ini seperti mimpi buruk berlayer-layer yang terus berlanjut walaupun gw sudah bangun dari tidur berkali-kali. Setiap kali gw membuka mata, gw pikir gw sudah bangun, mimpi buruk yang tadi sudah selesai, tapi ternyata gw digiring untuk menjalani mimpi buruk selanjutnya. Setiap gw pikir semuanya sudah berakhir, ternyata itu baru permulaan. Setiap gw pikir yang gw hadapi sudah yang paling edan, ternyata masih ada yang lebih edan lagi. Kapan gw bisa benar-benar bangun?

Gw ga tahan harus hidup nyerempet-nyerempet bahaya seperti sekarang. Gw ga tahan harus hidup dengan rasa takut setiap saat, was-was karena segala hal terburuk bisa terjadi kapan saja. Gw ga tahan harus pake topeng setiap saat, karena apa yang gw dan keluarga gw alami saat ini bukanlah sesuatu yang bisa diceritakan ke khalayak umum, ke siapapun selain gw, Ibu dan Ega. Gw ga tahan.

Gw tau gw bukan orang paling malang di dunia. Gw tau gw kurang bersyukur. Gw tau gw terlalu banyak ngeluh. Tapi kadang gw takut, beban yang harus gw tanggung di universe yang ini di luar kapabilitas gw. Kadang gw bertanya-tanya, apa seharusnya gw ganti nama aja? Mungkin gw ga kuat menyandang nama Matahari Indonesia. Gw terlalu lemah untuk menyandang nama Matahari Indonesia. Bahkan untuk menyinari diri gw sendiri pun gw ga sanggup.

Gw tau ada banyak orang yang berusaha menguatkan gw. Tapi begitu gw sendirian, gw pasti akan tidak berdaya lagi. Gw pasti akan melarikan diri dari realita dan tanggung jawab lagi. Gw tau gw lemah. Gw bukannya tidak berusaha untuk jadi kuat, tapi…yayaya gw tau gw banyak alasan. Gw tau gw cuma berusaha entah bagaimana caranya untuk tidak terlibat dengan masalah yang sebenarnya gw hadapi. Habis gw mesti gimana?

Gw ga tau apa skenario yang Allah siapkan buat gw. Tapi storyboard aja bisa dibongkar pasang berkali-kali, bisa dikurangi, bisa ditambahi, sampai akhirnya bisa jadi suatu film yang utuh. Kenapa hidup tidak?

God, You know this is not the life I want, but is this really the life I need?

Jika hidup adalah sebuah game yang bisa restart ulang ketika game over atau kembali ke check point setelah mati di tengah jalan, maka gw akan berusaha bagaimanapun caranya asal bisa mendapatkan high score dan menang.

Andaikan hidup ini ada cheatnya…


Melihat foto-foto ini dan kemudian melihat pantulan diri gw di kaca saat ini, kadang gw tidak percaya bahwa semuanya adalah refleksi dari makhluk yang sama.God, I’m tired wearing this poker face.

Well, I know I shouldn’t write this.

About zsami

Currently studying Multimedia Design in Bandung Institute of Technology and working as freelance comic artist and illustrator. Still trying to live life to the fullest and be grateful for everything.

2 responses to “tired.

  1. Hi matahari, well gw menemukan blog lo dari link-link yang gw lupa dari mananya. gw tertarik baca post lo yang ini karena gw juga anak yatim,cuma kayanya lo lebih senior dari gw, bokap gw baru aja meninggal tahun 2008. bukan sok menggurui atau sok tau dalam hidup lo,tapi ini emang jalan hidup yang Allah kasih buat kita, mau itu enak atau nggak. jadi, janganlah minta alternate universe atau storyboard karena sampe kiamatpun manusia ngga bakal punya itu semua. *gw sebenernya juga suka meratapi keanakyatiman gw* tapi setiap gw ngeliat ade-ade gw yang ada 3, 8 tahun,14 tahun dan 17 tahun,gw nggak mau nangis didepan mereka,gw ngga mau lemah didepan mereka. just Be brave, be taugh, be bold Matahari, nama lo adalah doa dari bokap lo :”) salam kenal.

    • Halo Amelia, salam kenal ya. πŸ™‚

      Sebenernya gw sama sekali ga berharap banyak postingan yang satu ini bakal direspon sama orang, selain gw nulis ini juga pas lagi down banget, antara sadar ga sadar gitu hehe (malah sebenernya pengen gw hapus). Beberapa waktu yg lalu gw mengalami titik-titik terendah dalam hidup gw, dan ga tau lagi mesti protes ke mana. Tapi pas denger cerita lo itu, gw ga kebayang deh kalo jadi lo punya adek-adek yang masih kecil, gw punya adek satu aja telantar gimana kalo banyak. 😦 Thanks a lot for the encouragement, gw jadi ngerasa ga sendirian. Gw mesti berlatih untuk banyak-banyak bersyukur, mau seberat apapun masalah yang dihadapi.

      Yah sekarang sih gw mencoba pake prinsip begini aja, masa lalu emang ga bisa diubah, tapi masa depan bisa kita ciptakan dari sekarang. Betul? πŸ™‚

      Makasih banyak ya atas perhatiannya, it means a lot :’)

Leave a Reply

Just in case you want to know more.

March 2011
M T W T F S S
« Nov   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most read by the travellers.

Those who left their footsteps here.

miftasasayu on Matahari Indonesia
zsa zsa on Matahari Indonesia
LULU on Matahari Indonesia
zsami on Matahari Indonesia
LULU on Matahari Indonesia

Wanna catch some fresh air? Try to read this comic compilation! Aseli Indonesia.

Follow zsami on Twitter
