Rekapitulasi 2011

Kalau saya harus mendeskripsikan tahun ini dalam tiga kata, mungkin yang paling tepat adalah : memorable, legendary, revolutionary. Kinda lebay, tapi bagi saya, dalam tahun ini memang terjadi banyak hal-hal paling bersejarah dalam hidup saya. Personal things, but I don’t mind sharing it.

  • Membuka tahun baru 2011 di Bali, terakhir ke Bali itu waktu umur 3 tahun dan sekalinya ke Bali lagi, I get on the dance floor and had a party with the bule(s). Okay, once in a lifetime.

  • Had a real DSLR Camera, my Jackie Jack, Nikon D5100. Didapatkan dengan susah payah dan penuh perjuangan, lengkap dengan cerita panjang di baliknya. Won’t tell if you don’t ask me directly :p

  • Akhirnya ada juga komik saya yang diterbitin secara resmi oleh penerbit resmi dan bisa didapatkan di toko buku resmi. Walaupun cuma 12 halaman dengan kualitas yang..gitu deh liat aja sendiri. Still far from targets, but..at least I tried.

  • Got internship in IFW Batam. Harapan saya sebenernya cuma bisa kape di tempat yang asik, because I thought it was just too good to be true to get internship there. But, some people say, if you really want something, you would do anything to reach it. I did anything for that, and Alhamdulillah, I’ve got this opportunity. And those 3 months were one of the most unforgettable moments I’ve experienced in my life, really. Kayak mimpi.

  • Dapet IP tertinggi sepanjang sejarah perkuliahan, walaupun mungkin tetep yang paling jelek di kelas =__= Yah, namanya juga usaha..

  • Bertemu dengan Aa Ahmad Irvan Rifai. Kalo kata Chicken Soup For Soul — “Bertemu denganmu adalah takdir, menjadi temanmu adalah pilihan, tetapi jatuh cinta padamu, aku tidak punya kendali.” Like I said to him, I used to try anything to get rid of these feelings and find any way to reject him, but I can’t. Too hard to resist. I just hope this relationship could lead us to better way and be a better person. Well, if it’s meant to be, it will be. My Mom once said, find a man who can make your life simpler, not make it more complicated. I don’t know how to say it, but since I met him, I never feel as relieved as this when life gets tougher than ever. I’m really grateful to have him.

  • Pertama kalinya ke luar negeri. Ke Singapur, negara yang paling banyak didatangi orang Indonesia yang baru pertama kali ke luar negeri (kayak saya). Pertama, buat nonton Transformers 3 gara-gara waktu itu belom diputer di Indo, kedua buat dateng ke STGCC. Berhubung cita-cita terpendam saya adalah keliling dunia, setidaknya langkah pertama untuk menginjakkan kaki di luar wilayah Indonesia sudah terlaksana. 🙂

  • Akhirnya, nonton Linkin Park. Setelah nangis-nangis ga dibolehin nonton, beli tiket ngutang-ngutang, nonton sendirian sampe nyaris penyet dijepit penonton festival, diomelin gara-gara ngilang pas dijemput…banyak hal yang kalo diinget-inget bikin nyesel, but hey, I won’t regret it. A lot of lesson I learned..especially, I won’t force myself to watch any concert if I can’t get any free tickets or I’m incapable to make it, well maybe except Coldplay, or Radiohead, or Gaga, or MCR again, or… (oops, seems like I didn’t learn a thing). It was a freakin awesome concert btw, well-organized, such an eargasm, amazing motion graphics in the big screen, nice crowd with the energizing jumps & headbangs..Om Chester dkk, YOU ROCK!

  • Akhirnya, saya bisa menghilangkan trauma saya terhadap Stadion Bola Gelora Bung Karno. FYI, semenjak bapak saya meninggal mendadak di pelataran Stadion Bola GBK, semenjak 9 tahun yang lalu saya sama sekali ga bisa mendekati area tersebut. Rasanya dada langsung berat, bawaannya sesek napas, segala memori langsung muncul menyeruak yang bikin saya ga bisa melangkahkan kaki lebih dekat. Berkali-kali saya pergi ke GBK, ke JCC, dan sekitarnya, tapi saya ga pernah bisa mendekati stadion bola, liat gerbangnya aja udah sesek. Tapi akhirnya, 21 September kemarin, saya berhasil memasuki stadion untuk pertama kalinya dalam hampir 1 dekade ini, and feel nothing. Hey Dad, look, finally I can conquer this curse!

  • Ke Solo dalam rangka tugas studio…terakhir ke Solo itu pas saya masih kecil banget. Tadinya pas saya lagi di Batam, Tante, Om, Eyang, dan adik-adik sepupu saya yang dari Solo datang ke Jakarta setelah bertahun-tahun gak ketemu. Sempet sedih karena udah lama banget ga ketemu, giliran bisa ketemu eh sayanya malah jauh di seberang pulau. Eh ternyata kok malah saya yang bisa nyamperin balik ke Solo..terobati deh kangennya. Juga pertama kalinya jalan-jalan keluar kota bareng temen-temen MM, it was kinda fun 😀

Selain hal-hal di atas, tahun 2011 ini juga terjadi beberapa peristiwa, where I took big decisions in my life, where the tragedy happened, so on.

  • Saya memutuskan untuk vakum ngomik, sampai saya lulus. Ini adalah salah satu keputusan terberat yang pernah saya ambil dalam hidup saya, yaitu menunda cita-cita sekaligus passion terbesar saya, but I have to do it since be graduated as soon as possible is my main priority now, and I can do whatever I want later.

  • Choose Multimedia (MM) Major. Sempet difitnah pindah ke Desain Grafis (DG) gara-gara ga punya tampang anak MM, tapi ternyata saya bisa survive tuh di MM. Sempet dilema berat antara DG dan MM, tapi akhirnya memutuskan masuk MM karena udah bosen belajar lay out dan tipografi (yang sampe hari ini masih nyimpen nilai D), dan kalo disuruh milih, I prefer going on an adventure to the place I’ve never been before than staying in the same place. And guess what, I love being here! Keputusan ini juga memaksa saya untuk menerima beberapa konsekuensi, di antaranya, saya jadi ga punya waktu banyak untuk nggambar dan ngomik, mesti ngulik banyak software-software baru yang belum pernah disentuh sama sekali sebelumnya (After Effects, Premiere, Soundbooth, Maya, ToonBoom, Toxik, tralalalalala) tapi di lain sisi saya jadi punya kamera yang bisa ngerekam HD Video setelah ngidam sekian lama dan bisa magang di perusahaan animasi terbesar di Indonesia, bisa kenalan sama rekan-rekan satu bidang, bisa mampir jalan-jalan ke luar negeri pula (Y).

  • One of my closest cousin’s death. Sure, I never thought this kind of thing would happen.

  • Be in (serious) relationship. Already mention this before, I repeat it because this thing is really a big deal for me. I would never accept any man, except I really wanna be with him. And here comes a man who could change my mind.

Resolusi 2012, ga mau muluk-muluk.

  • Lulus secepatnya, because there’s a lot of thing I wanna do and it only can be done if I already graduated. Kalo ga bisa wisuda 2012, at least sidangnya udah. Wish me luck!

  • Bikin TA yang keren, remarkable, dan saya suka. Percuma kalo udah capek-capek buang waktu umur duit tenaga tapi saya ga sungguh-sungguh pengen ngebikinnya, terutama karena ga sesuai sama passion.

  • Stop being procrastinator and multitasker. Stop wasting time in everything you don’t really need. Be more organized.

  • Be more grateful of everything.

  • Be wiser, more mature, and better in every aspect. Learn to be a real lady. Take step to the next level. You can’t be a child forever, world won’t tolerate.

  • Diet, olahraga, belajar nyetir, belajar gitar…eh itu entar aja deh sambil jalan..

  • And several more I won’t mention here.

The conclusion is, I learned a lot this year. Meet new friends, see new places, gain new experiences. Alhamdulillah, I still had the opportunities. People changed, I changed. Whether good or bad, I never meant to hurt any feelings. People do mistakes, so am I. Many things I wish I didn’t do, but after I think again about it, I won’t understand a thing if I didn’t take any risk. Nevertheless, there are also several things I didn’t do this year because of some reasons, and that’s my decision why I didn’t do it.

Motto saya sekarang kurang lebih kayak video ini :

Life is short. Live your dream and share your passion.

I’m ready to meet you 2012! Que sera-sera, whatever will be, will be.

Bismillahirrahmanirrahim.

About zsami

Currently studying Multimedia Design in Bandung Institute of Technology and working as freelance comic artist and illustrator. Still trying to live life to the fullest and be grateful for everything.

Leave a Reply

Just in case you want to know more.

December 2011
M T W T F S S
« Nov   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most read by the travellers.

Those who left their footsteps here.

miftasasayu on Matahari Indonesia
zsa zsa on Matahari Indonesia
LULU on Matahari Indonesia
zsami on Matahari Indonesia
LULU on Matahari Indonesia

Wanna catch some fresh air? Try to read this comic compilation! Aseli Indonesia.

Follow zsami on Twitter
